Dibuka Praktek Kedokteran

Posting kali ini bukan untuk gaya-gayaan neh. Hehehe, maklum lah Nophie kan bukan lulusan kedokteran walaupun dulu pernah diterima di fakultas kedokteran di salah satu Perguruan Tinggi Swasta di Yogyakarta. Tapi bukan itu yang mau Nophie bahas. Postingan ini hanya sekedar info untuk sobat blogger tentang kesehatan atau pengobatan ala Nabi tentunya. Dasar postingan ini dan postingan selanjutnya adalah buku “PRAKTEK KEDOKTERAN NABI” karangan Ibnu Qayyim Al-Jauziyah. Semoga bermanfaat bagi yang baca and yang nulis yak.Tak lupa untuk mengucap Segala Puji bagi Alloh, Tuhan semesta alam. Shalawat dan Salam tercurah kepada para Nabi, Muhammad SAW, sang penutup Nabi-nabi, kepada keluarga dan sahabat Beliau.

KLASIFIKASI PENYAKIT :
Di dalam Al-Qur’an disebutkan bahwa ada dua jenis penyakit, yaitu penyakit jasmani dan penyakit hati. Kali ini kita bahas tentang penyakit jasmani, kita tidak pernah tahu penyakit itu kapan datangnya. Benar apa kata semboyan yang sering kita dengar bahwa mencegah lebih baik daripada mengobati. Tapi seandainya kita uda terlanjur sakit gimana donk? Allah ta’ala berfirman yang artinya, “Tiap-tiap yang berjiwa akan merasakan mati. Kami akan mengujimu dengan keburukan dan kebaikan sebagai cobaan (yang sebenar-benarnya). Dan hanya kepada Kami-lah kamu dikembalikan.” (QS. al-Anbiyaa’: 35). Hendaknya kita juga bersabar ketika diberi cobaan berupa penyakit, toh apa yang kita alami tidak akan sia-sia kok, sebagaimana firman Allah ta’ala, “Dan apa saja musibah yang menimpamu maka adalah disebabkan oleh perbuatan tanganmu sendiri, dan Allah memaafkan sebagian besar (dari kesalahan-kesalahanmu).” (QS. asy-Syuura: 30).

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,”Tidaklah menimpa seorang mukmin rasa sakit yang terus menerus, kepayahan, penyakit, dan juga kesedihan, bahkan sampai kesusahan yang menyusahkannya, melainkan akan dihapuskan dengannya dosa-dosanya. (HR. Muslim). 

Tapi meskipun begitu bukan lantas kita berpangku tangan tanpa usaha untuk nyembuhin penyakit kita yak. Mentang-mentang dihapus dosa-dosanya, trus kita diem aja biar dosa kita habis semua. Hehehe…… 

METODE PENGOBATAN PENYAKIT JASMANI
Metode ini meliputi tiga aturan dasar, yakni menjaga kesehatan, mencegah masuknya zat-zat berbahaya ke dalam tubuh, dan pembebasan tubuh dari zat-zat yang merugikan.
 

Pengobatan penyakit jasmani ada 2 macam :
1. Cara pengobatannya telah diilhamkan oleh Alloh kepada manusia dan binatang, ini disebut pengobatan alami. Pengobatan ini tidak diperlukan penanganan medis, misalnya aja nih mengobati rasa lapar, rasa haus, kedinginan, dll.
2. Pengobatan yang membutuhkan analisa dan diagnosa, penyakit yang saat ini mulai muncul sangat membutuhkan analisa karena mengakibatkan kondisi tubuh tidak stabil. 


Nah untuk sementara sampai disini dulu yah pengenalan tentang praktek kedokterannya. Tak lupa bahwa semua usaha yang kita lakukan itu sesuai dengan petunjuk dan nasehat Nabi Muhammad SAW, tentu saja dengan kehendak, kekuasaan, dan pertolongan Alloh SWT. Tubikontinyu……..

Surat Cinta Bunda

Anak-anakku,
kadang aku merasa sangat lelah saat kau sakit dan harus begadang menemani tidurmu yang gelisah, padahal akan tiba saatnya nanti aku justru ingin menemanimu tidur tapi kau telah pergi dari rumah.

kadang aku merasa repot saat ingin pergi dan kau merengek minta ikut serta, padahal akan ada masanya nanti kau tidak mau lagi kuajak pergi meskipun sudah kubujuk sedemikian rupa.

kadang aku merasa waktu tak cukup untuk mendengarkan semua ceritamu, padahal akan tiba saatnya nanti aku justru ingin kau bercerita panjang lebar di sampingku yang kesepian.

kadang aku merasa tidak telaten untuk menyuapimu, padahal akan tiba saatnya nanti aku menjadi si tua yang membutuhkan pelayanan dan kesabaran luar biasa darimu.

kadang aku kesal karena harus mengingatkan hal yang sama berulang-ulang padamu, yang tidak langsung disambut dengan 'ya' tetapi justru ’entar dulu’, 'tunggu’ diikuti sederet alasan panjang lainnya, padahal akan tiba saatnya nanti aku yang tua renta ini berharap kalian berkumpul menemaniku, atau setiap hari menunggu-nunggu dering telepon hanya sekedar untuk mendengar suaramu, tapi jarak yang jauh dan kesibukanmu tak selalu memungkinkan untuk itu.

kadang badanku pegal saat kau minta terus dipangku atau tak mau turun dari gendonganku, padahal akan tiba saatnya nanti kalian merasa jengah diperlakukan seperti itu, tak bisa kupangku, kupeluk, kucium lagi dan kau makin sulit kurengkuh saat kegiatan di luar rumah makin menyita waktumu.

Maafkan aku nak,
jika hak-hakmu sebagai anak belum semua dapat kupenuhi. Aku hanyalah manusia biasa dengan segala keterbatasan ada.

Anak-anakku...
semakin hari semakin ku menyadari, sungguh bukan kalian yang membutuhkanku tapi aku lah yang sangat membutuhkan kalian

NOTE:

Bunda, mendidik & merawat anak, laksana memanggul sekarung emas di punggung, yang meski sangat berat, tak boleh diletakkan semenit pun karena sangat berharga, dan karung itu baru dapat dibuka, saat ajalmu tiba.

Diambil dari catatan seorang sahabat di facebook

Sertifikat Blogger dari DJSITE

Lama banget nih kayaknya ga ngeblog. Entah kebawa suasana males atau apa, ga seantusias dulu neh. Eh pas sekalinya online dapet sertifikat dari Ferdinand, baru kali ini dapat award model baru kayak gini, unik banget. Ferdinand emang salah satu blogger paling kreatif & postingannya juga update banget.

Makanya neh, nophie ga pernah bosen main atau cuma mampir di blog Ferdinand. Thanks to Ferdinand untuk apresiasinya buat blog Nophie's Corner